Home About

About

Hi Sahabat Kreatif,

Perkenalkan nama saya Daniel Rama.

Lahir Di Makassar, 26 September, saya adalah Trainer & Coach di PT. Inti Integritas Sejati, Memperoleh gelar Master Pendidikan, Certified LAB Profile Practitioner, Certified Professional Coach, Certified Customer Service Development, Certified Hypnotherapist. Mempunyai pengalaman bekerja di PT.Bank Central Asia dan pada tahun 1998 mulai aktif terlibat di dalam pengembangan anak dan generasi muda, berpengalaman sebagai pengajar mulai dari tingkat playgroup, sekolah dasar, menengah dan atas di salah satu sekolah internasional di Jakarta, juga pernah mengajar sebagai dosen di salah satu Sekolah Tinggi Teologia.

Saya juga sebagai Pembina di “My Day Care Schools”, sebuah klinik terapi bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang terletak di Jakarta Barat (MyDay Care).

Aktif di beberapa Yayasan Sosial dan Keagamaan.

MY PASSION

Saat ini saya aktif memberikan pelatihan di dunia kerja (profesional) dan keagamaan.

Selama berkecimpung dalam dunia kerja, pendidikan dan sosial saya melihat bahwa salah satu yang menghambat perkembangan suatu organisasi adalah belum tumbuhnya budaya “customer service”(melayani).

Melayani pelanggan, baik itu pemakai jasa, produk ataupun sesama teman kerja, hanya dipandang sebagai sesuatu tugas yang harus diselesaikan tanpa melibatkan unsur compassion dan empati di dalamnya, dan akibatnya adalah melayani hanya berfungsi seperti alat mekanis, layaknya hubungan benda mati dengan benda mati.

Melayani dipandang sebagai sesuatu yang sifatnya hanya menguntungkan orang yang kita layani tanpa menyadari bahwa sesungguhnya ketika kita melayani ada manfaat besar bagi orang yang melayani.

Customer service artinya melayani pelanggan dengan pendekatan kemanusiaan yang melibatkan pikiran, perasaan, dan kehendak yang bertujuan untuk membantu pelanggan atau orang yang kita layani menemukan solusi dari permasalahan yang dihadapi.

Dapat Anda bayangkan bagaimana dahsyatnya organisasi yang mempunyai budaya melayani (customer service) ini. Orang berlomba-lomba untuk saling melayani satu dengan yang lain didorong oleh perasaan compassion dan empati.

Sehingga kata-kata seperti “bukan bagian saya”, “saya lagi sibuk”, “tolong jangan ganggu saya”, “koq saya melulu” akan sangat jarang terdengar di perusahaan atau organisasi di mana Anda berada.

Bahkan kata-kata tersebut akan tergantikan dengan kata-kata seperti “ada yang bisa saya bantu?”, “saya bersedia”, dan kata-kata lainnya yang keluar dengan semangat melakukan sesuatu untuk hal yang lebih baik.

Jika ini terjadi tentu akan mengakibatkan bertambahnya produktivitas perusahaan atau organisasi Anda.

Didorong oleh hal tersebut di atas maka saya mengembangkan beberapa modul pelatihan yang berhubungan dengan customer service antara lain:

  • Amazing Customer Service
  • 5 Essential elements of Customer Service
  • Customer Experience
  • Consumer Behaviour

Saya berharap dengan modul-modul tersebut di atas dapat membantu kemajuan perusahaan dan organisasi Sahabat kreatif semua.