Home Article Membangun Hubungan – Bagian 3

Membangun Hubungan – Bagian 3

314
0
SHARE

Hubungan harus merupakan hubungan dua arah, jadi itu bukan sesuatu yang dapat Anda buat sendiri. Namun, Anda dapat mempelajari cara menstimulasi dengan mengikuti enam langkah ini.

1. Periksa Penampilan Anda

Kesan pertama merupakan sesuatu yang sangat penting, dan penampilan Anda akan membantu Anda terhubung dengan orang lain, bukan menjadi penghalang.

2. Ingatlah selalu dasar-dasar komunikasi yang baik:

– Tepat secara budaya.

– Tersenyumlah.

– Rileks/tidak kaku.

– Ingat nama orang.

– Pertahankan postur yang baik.

– Mendengarkan dengan baik dan penuh perhatian.

– Jangan lebay :).

Prinsip-prinsip dasar ini membentuk fondasi komunikasi yang hebat. Akan sulit untuk membangun hubungan tanpa prinsip dasar ini, sebab akan membantu Anda membangun kepercayaan, empati, dan perasaan pada orang-orang bahwa Anda mendengarkan mereka.

3. Temukan Persamaan “Common Ground”

Mengidentifikasi kesamaan dapat membantu membangun hubungan, jadi gunakan obrolan ringan untuk menemukan persamaan.

Kebanyakan orang suka berbicara tentang diri mereka sendiri, dan semakin Anda tertarik pada mereka, semakin besar kemungkinan mereka untuk rileks dan “terbuka”.

Gunakan pertanyaan terbuka untuk menemukan informasi: mungkin Anda kuliah di perguruan tinggi yang sama, mempunyai hobi yang sama, tumbuh di kota yang sama, atau mendukung tim olahraga yang sama.

4. Buat Pengalaman Bersama

Hubungan tidak dapat tumbuh tanpa interaksi manusia, dan cara terbaik untuk berinteraksi adalah menciptakan pengalaman. Pengalaman bersama dapat sesederhana makan Bersama disuatu tempat.

5. Bersikap empati

Empati adalah tentang memahami orang lain dengan melihat sesuatu dari sudut pandang seseorang,dan mengenali emosi orang tersebut. Jadi, untuk memahami dan berbagi dengan orang lain, Anda perlu mempelajari apa yang membuatnya tergerak.

Seperti yang telah disebutkan, banyak orang senang berbicara tentang apa yang mereka suka dan tidak suka, kebutuhan dan keinginan, masalah dan kesuksesan, jadi ajukan pertanyaan terbuka dan beri mereka ruang untuk berbicara.

Anda harus benar-benar mendengar apa yang mereka katakan, sehingga Anda dapat merespons dengan cerdas dan dengan rasa ingin tahu. Jadi, penting untuk menjadi pendengar yang baik.

6. Mirror and Match

Penelitian menunjukkan bahwa kita lebih suka pada orang yang kita anggap sama seperti diri kita sendiri. ‘Mirror and Match’ adalah teknik untuk membangun hubungan dengan membuat diri Anda lebih seperti orang lain.

Psikolog Albert Mehrabian menemukan bahwa kata-kata yang kita ucapkan hanya tujuh persen dari komunikasi kita. Intonasi atau Nada suara kita membentuk persentase yang lebih besar (38 persen), dan bahasa tubuh kita membentuk sebanyak 55 persen. Jadi, Anda akan kehilangan hal yang penting jika Anda tidak mempertimbangkan “seluruh gambaran” komunikasi manusia.

Jadi, cobalah teknik ini untuk membangun hubungan:

– Perhatikan bahasa tubuh orang lain, termasuk gerakan, postur dan ekspresi. Jika, misalnya, teman bicara anda duduk bersandar, Anda duduk bersandar, Jika teman bicara anda menyilangkan kaki, Anda menyilangkan kaki Anda

– Gunakan bahasa yang mirip, Jika teman bicara anda menggunakan kata-kata sederhana dan langsung, maka Anda juga harus melakukannya. Jika dia berbicara dalam bahasa teknis, maka cocokkan dengan gaya itu. Anda juga dapat mengulangi kata atau frasa kunci atau favorit.

– Cocokkan pola bicara orang lain, seperti nada, tempo dan volume. Misalnya, jika dia berbicara dengan lembut dan perlahan, maka turunkan volume dan tempo suara Anda.

Penelitian oleh Biro Investigasi Federal A.S. mengemukakan bahwa ini adalah cara paling efektif untuk membangun hubungan. Hal ini sederhana, tetapi membuat orang lain merasa nyaman dan dipahami.

Lakukan Match and Mirroring secara alamiah sehingga orang lain tidak menyadari apa yang Anda lakukan.

Saya berharap seri tulisan MEMBANGUN HUBUNGAN ini dapat membuat kita sekalian menjadi orang-orang yang terampil dalam membangun hubungan sehingga kita menjadi lebih Maju dan Produktif. Thanks 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here